Phone 022-82001489 | Fax 022-2006157 | Email : smk_yapariaktripa@yahoo.com

SMK YAPARI AKTRIPA BANDUNG

AKOMODASI PERHOTELAN

TERAKREDITASI “A” BAN S/M Provinsi Jawa Barat


Akomodasi Perhotelan adalah kompetensi keahlian dibawah program studi keahlian pariwisata yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan penyelengaraan, informasi dan pengelolaan lingkup akomodasi perhotelan.

Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang yang berhubungan dengan akomodasi seperti, hotel, apartement, penginapan, dan sarana akomodasi lainnya baik yang dikelola secara individu maupun yang dikelola dengan manajemen berjaringan.


1. Ruang Lingkup Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan
Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan akan mendidik serta membekali peserta didik serta dan akan melahirkan Lulusan Kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan yang akan memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap seorang hotelier serta akan memiliki penguasaan kompetensi yang baik dalam :

• Melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Reception, Reservation, Telephone Operator, dan Porter

• Melaksanakan pekerjaan di lingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Room Attendant, Order Taker, Linen & Uniform Attendant dan Laundry Attendant.


2. Lapangan Pekerjaan yang dapat diisi oleh lulusan Kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan antara lain :

• Pekerjaan di Lingkup Front Office Hotel

• Telepon Operator / Receptionist di kantor

• Usaha Pelayanan Laundry

• Usaha Pelayanan Cleaning Service

• Public Relations


3. Aktualisasi KBM


   A. KBM

Mengimplementasikan kombinasi antara pembelajaran teori (theoretical learning) dan pembelajaran praktik di laboratorium khusus perhotelan (practical learning) yang telah dilengkapi dengan ruang Front Office, Kamar Mock up room serta area koridor untuk kegiatan public area service, serta telah dirancang sedemikian rupa agar sarana dan prasarana laboratorium selalu up to date dengan kondisi nyata dunia indutri perhotelan. Jadwal kegiatan KBM di kelas disesuaikan dengan kalender akademik dan kegiatan KBM luar kelas atau kegiatan praktikum dilaksanakan secara kontinyu pada setiap semetesrnya, hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan dengan tingkat mutu tertentu yang siap memasuki dunia kerja.

   B. PRAKERIN

Menyetarakan antara penguasaan kompetensi peserta didik dengan tuntutan profesionalisme dan kebutuhan dunia industri perhotelan serta agar peserta didik memiliki etos kerja professional yang tepat guna, memiliki daya juang tinggi dan tentu saja memiliki penguasaan kompetensi keahlian yang lengkap dan berdaya guna. Hingga saat ini, sudah lebih dari 40 Dunia Industri perhotelan yang memiliki MOU dengan SMK Yapari – Aktripa Bandung, antara lain :

• NOVOTEL HOTEL BANDUNG
• MERCURE HOTEL BANDUNG
• ARYA DUTA HOTEL BANDUNG
• ASTON PRIMERA HOTEL BANDUNG

Kegiatan Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan menganut model penyelenggaraan pendidikan yang memadukan secara utuh dan terintegrasi antara kegiatan belajar peserta didik di sekolah dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui belajar sambil berinteraksi langsung di lapangan kerja. Metode tersebut dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu peserta didik Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan SMK Yapari – Aktripa Bandung sekaligus para lulusannya agar mampu mencapai relevansi penguasaan kompetensi keahlian yang maksimal dan menyeluruh dari sistem pembelajaran di kelas dengan aktualisasi dunia kerja.


   C. UJI KOMPETENSI

Merupakan kegiatan akhir dan hasil belajar peserta didik untuk menguji kemampuan yang akan menentukan lulus tidaknya peserta didik dan pada akhirnya akan mendapatkan legalisasi dari industry dengan memperoleh sertifikat Uji Kompetensi. Kegiatan Uji kompetensi dilaksanakan oleh para penguji Profesional dan langsung dari Industri Pasangan, antara lain Jayakarta Hotel Suites Bandung dan Marbella Suites Bandung yang telah bekerja sama dengan SMK Yapari – Aktripa Bandung dalam melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi.

Dalam kaitan ini pelaksanaan uji kompetensi merupakan salah satu cara guna menidentifikasi, menentukan tingkat pemahaman dan penguasaan kemampuan serta keahlian peserta didik yang sesuai dengan standar tujuan pembelajaran yang lebih ditetapkan dalam kurikulum. Dengan kegiatan ini, peserta didik dapat mengetahui tingkat penguasaan kompetensi standar, kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor yang mengacu pada kriteria penilaian yang disesuaikan dengan standar penilaian standarisasi professional dari Dunia Industri.